Error Code 000043 EPSON L3110

Printer Epson L3110 adalah salah satu printer all-in-one yang populer karena kemampuannya mencetak, menyalin, dan memindai dalam satu perangkat. Namun, pengguna terkadang menghadapi tantangan teknis, salah satunya adalah Error Code 000043. Selain seri L3110, printer epson yang mirip dengan seri ini adalah Epson L1110. Error Code 00043 ini biasanya menandakan adanya ganguan mekanik di perangkat ini. Berikut cara mengatasi error code 000043 epson L3110 / L1110 versi kangmus.net.

Error Pada Printer Epson

Ada beberapa penyebab timbulnya error di printer epson L3110 / L1110. Jika anda melihat pesan di Epson Status Monitor di windows, maka pada kasus yang saya alami ini akan ada keterangan yang meminta kita untuk melakukan hal sebagai berikut:

error code 000043 epson l1110
error code 000043 epson L1110 di epson status monitor
  • Cancel all print jobs, ini adalah perintah untuk membatalkan semua perintah mencetak di printer tersebut.
  • Open the front cover and remove any jammed paper. Ini adalah perintah untuk membuka cover depan printer, dan kita diminta untuk mengecek apakah ada kertas yang terjepit atau tidak. Jika terdapat kertas yang terjepit, silahkan buang kertas tersebut.
  • Close the cover and turn the power off and then on again. Ini adalah perintah untuk menutup cover printer yang tadi kita buka, kemudian menutupnya dan matikan printer. Kemudian kita nyalakan kembali.

Pada kasus yang kangmus alami, semua langkah yang diminta dari epson status monitor sudah dilaksanakan dan hasilnya masih sama yaitu muncul error code : 000043.

Langkah Perbaikan Error Code 000043 Printer Epson

dokumentasi video

Dikarenakan semua langkah yang disarankan oleh Epson dalam epson status monitor belum bisa mengatasi masalah yang ada maka, kangmus mencoba melakukkan perbaikan lebih mendalam lagi. Berikut adalah langkah pengecekannya.

  1. Bongkar cover printer kemudian coba nyalakan printernya. Lakukan sebuah proses printing pada printer yang bermasalah.
  2. Cek kondisi sensor kertas di dalam printer. Pastikan berada pada posisi normal dan per pengait juga berfungsi normal.
  3. Cek kondisi sensor. Sensor dan pegas pengait normal.
  4. Saat mencetak terdengar suara keras dari gear printer.
  5. Cek area yang berbunyi aneh tersebut.
  6. Nampak encoder sensor tersebut berjalan tidak seirama dengan gear.
  7. Lepas encoder tersebut secara hati-hati.
  8. Karena sudah tidak seirama dengan gear, saya asumsikan lem sudah tidak menempel erat karena faktor pemakaian.
  9. Mengganti lem tersebut dengan double tape kertas. Setelah itu kita buat lubang sesuai ukuran lubang di encoder.
  10. Pasang kembali encoder tersebut. Nyalakan printer dan coba gunakan untuk mencetak.
  11. Error code 000043 di Epson L1110 saya sudah hilang dan printer bisa digunakan kembali.
error code 000043 epson l3110
foto gear encoder epson l1110

Error Code 000043 pada printer Epson L3110 dapat diatasi dengan langkah-langkah yang mencakup pemeriksaan koneksi, pembaruan driver, dan pengecekan kondisi tinta. Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan printer Anda dapat kembali berfungsi dengan baik. Jika masalah terus berlanjut, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan Epson untuk bantuan lebih lanjut.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *