Fix Spinning Rainbow Wheel MacOS

MacOS adalah salah satu sistem operasi yang dikenal relatif stabil. Hal ini yang membuat macOS digemari banyak orang. Akan tetapi bukan berarti macOS ini tidak bisa mengalami error ya. Belum lama ini penulis mengalami sendiri sedikit error di MacOS. Salah satunya adalah spinning wheel. Hal ini saya alami setelah saya menginstall salah satu aplikasi NTFS reader untuk macOS. Kebetulan adalah official update dari vendor, jadi tanpa babibu langsung saya update saja. Dan ketika restart, setelah login baru terjadi spinning wheel tersebut. Berikut cara fix spinning rainbow wheel after login macos.

Awal Mula Terjadi Spinning Rainbow Wheel

Selama ini saya menggunakan aplikasi pihak ke tiga di macOS untuk membaca dan menulis data di partisi NTFS. Karena ada notifikasi update software tersebut, maka saya langsung update online. Karena selama ini tidak timbul masalah, maka saya meyakini hal tersebut tidak ada masalah juga di komputer saya. Setelah restart, kemudian login, muncul rainbow wheel yang menyebabkan macOS saya tidak bisa digunakan.

Klik icon Apple saja saya masih tidak bisa, sehingga untuk shutdown pun saya terpaksa mematikan dari tombol power. Nah karena ada beberapa alasan saya tidak langsung melakukan install ulang. Saya mencoba mencari cara lain agar tidak kehilangan beberapa file di partisi macOS saya.

Cara Perbaiki Spinning Wheel

Berikut adalah cara fix spinning rainbow wheel macOS yang saya lakukan karena ada update software sebelum terjadi error. Jadi saya coba untuk menghapus software yang saya update tersebut. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan.

  • Saya mencoba melakukan install OS di drive lain dan booting ke dekstop menggunakan OS baru.
  • Buka partisi OS lama, kemudian masuk ke folder application. Pilih aplikasi yang anda maksud. Dalam kasus ini saya memilih Tuxera Disk Manager.app. Klik kanan Move To Trash.
spinning rainbow wheel macos
hapus aplikasi tuxera disk manager di folder application
  • Buka finder kemudian pilih Go – Go To Folder atau pencet ⌘+⇪+G untuk membuka folder. Ketik /Library/Application Support/ kemudian hapus Folder TuxeraNTFS.
fix spinning rainbow wheel macos
folder application support
  • Buka /Library/PreferencePanes/ kemudian hapus file NTFS.prefPane.
  • Buka /Library/Preferences/ kemudian hapus file com.tuxera.NTFS.plist.
com.tuxera.NTFS.plist
file com.tuxera.NTFS.plist
  • Buka /Library/StartupItems/ kemudian hapus folder TuxeraNTFSUnmountHelper.
  • Restart macOS dan boot menggunakan disk yang awalnya error karena spinning rainbow wheel.
  • Proses selesai. MacOS bisa digunakan seperti biasa.

Secara umum, temporary file servis biasanya disimpan di folder-folder berikut ini. Jadi pastikan anda mengecek secara keseluruhan di folder berikut ini.

  • ~/Library/Caches
  • ~/Library/Logs
  • ~/Library/ApplicationSupport
  • ~/Library/Preferences
  • ~/Library/Saved Application State

Ketika dalam kasus ini anda menemukan hal yang berhubungan dengan Tuxera, disarankan untuk menghapus file tersebut. Pastikan juga untuk menghapus isi Trash untuk memastikan Tuxera ini telah dihapus totla dari Mac anda.

Demikian cara fix spinning rainbow wheel di macOS yang pada kasus ini diakibatkan oleh update Tuxera versi 2023. Jika anda mengalami hal yang sama, anda bisa mencoba cara ini secara mandiri tanpa install ulang.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *